Langsung ke konten utama

TUTORIAL MENGGUNAKAN BASECAMP, KELEBIHAN DAN KEKURANGANNYA

Basecamp.com



Apa itu Basecamp ?

            Basecamp adalah sebuah manajemen proyek berbasis website yang sudah dipercayai oleh jutaan orang. Dengan basecamp, manajemen proyek bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja tanpa harus bertemu. Kita juga bisa memilih siapa saja yang terlibat dalam proyek dan merekam kegiatan apa saja yang kita kerjakan, siapa yang mengerjakannya, dan sudah sejauh mana proyek itu dijalankan. Basecamp menyediakan fitur seperti agenda, berbagi file, jadwal pekerjaan, dan saling mengirim pesan satu sama lain.

Manfaat

            Dengan basecamp, kamu bisa memantau sejauh mana pekerjaan tersebut sudah dikerjakan. Selain itu kita bisa melihat dan mengatur siapa saja yang mengerjakan dan memberi deadline pada tugas tersebut. Basecamp memudahkan kita untuk berkolaborasi dengan tim serta bekerja lebih efektif karena bisa membagi tugasnya.

Fitur di Basecamp

1. Manajemen dan rencana kerja

  • ·         Fitur Manajemen dan perencanaan

Basecamp menawarkan fitur daftar tugas yang memungkinkan kita untuk menandai pengguna yang relevan, mengomentari kemajuan tugas, dan berbagi hasil kerja seperti dokumen, grafik, dsb.



2. Fitur Dokumentasi

  • ·         Penyimpanan dokumen

Setiap tugas atau proyek memiliki bagian dokumen dan file tempat untuk mengunggah gambar, dokumen, dan grafik dari komputer serta dokumen dari Google Office Suite.

3. Fitur Kolaborasi

  • ·         Berbagi File

Setiap proyek dan tugas basecamp memiliki sistem unggah dan berbagi file sehingga anda dapat dengan cepat berbagi file dengan seluruh tim.

  • ·         Komunikasi

Setiap tugas yang ada di Basecamp memliki bagian komentar tersendiri. terdapat juga fitur olahpesan sehingga dapat berkomunikasi dengan tim. Basecamp juga mengirimkan email pemberitahuan setiap kali kita tidak login dari aplikasi selama beberapa hari. Sehingga kita takkan pernah melewatkan pembaruan tugas atau penyelesaian tugas.

Kelebihan Basecamp

            Basecamp adalah aplikasi yang paling friendly user untuk pemula. Menjadi kelebihan utama karena kesederhanaannya. Navigasi ke berbagai proyek yang sangat mudah di layar beranda. Layar beranda basecamp menampilkan sekilas semua proyek dari tim anda. Jika kita mencari alat kolaborasi yang dapat anda ambil dengan cepat dan pelatihan atau pengalaman yang minimal untuk memanajemen proyek. Maka Basecamp adalah aplikasi yang tepat.

            Platform yang ramah terhadap pemula serta dengan fitur yang memadai ini dibandrol dengan harga $99 USD per bulan. Dengan kelebihan yang diberikan seperti 500GB penyimpanan sangat layak untuk mengerjakan proyek apapun. Lalu jika kita membayar tahunan, maka kita hanya akan membayar $999 USD dengan bonus gratis 2 bulan sehingga kita mendapatkan layanan premium selama 14 bulan dan tambahan storage menjadi 1 TB.

            Tapi jangan khawatir, jika kita hanya menggunakannya dalam jangka waktu yang pendek. Kita diberikan gratis berlangganan selama 1 bulan. Itu sangat membantu untuk mengenal Basecamp lebih lanjut.

Kekurangan Basecamp

            Kelemahan dari Basecamp sendiri adalah kurangnya informasi tentang cara menggunakan aplikasi ini. Informasi dan tutorial di youtube sangat padat sehingga tak mencakup semua fitur yang ada di Basecamp. Lalu dukungan akses pelanggan yang terbatas. Hanya ada fitur mengirim pesan di aplikasi ini. Tidak ada fitur seperti voice note ataupun video call sehingga membuat orang yang lebih suka berkomunikasi secara langsung kurang menyukai platform ini. Walaupun ada trial account selama 1 bulan. Namun untuk melanjutkan tugas kita setelahnya harus membayar sejumlah $99 USD perbulan atau setara dengan Rp1.485.000,00. Itu bukan jumlah yang sedikit untuk kalangan seperti pelajar dan orang perkantoran.

Tutorial Menggunakan Basecamp

1. Kunjungi https://basecamp.com/
 
2. Cara daftar Basecamp yang kedua adalah mengunduh aplikasinya. Kamu bisa mendapatkannya secara gratis dari App Store untuk pengguna iPhone dan Google Play Store bagi pengguna Android

Buat akun Basecamp :

Langkah selanjutnya masukkan alamat email pada kolom isian yang tersedia. Masukkan nama yang akan digunakan sebagain nama akun nantinya dan isi email aktif yang nantinya akan digunakan untuk

Masukkan password untuk akun tersebut ketika login kembali


Basecamp juga akan mengajukan beberapa pengisian data pembuatan, project yang akan digunakan Jika tidak kamu bisa melewati langkah ini dan melanjutkan pengisian. Isi pilihan berikut, dapat dilewati dan dibuat saat sudah masuk akun:
Masukkan nama perusahaan atau kelompok kerja dan isi judul kegiatan yang akan dilakukan

Pilih nama devisi kalian, sesuai jenis kegiatan yang kalian lakukan


Pilih jenis proyek yang akan lakuan lakukan bersama tim


Masukkan nama asisten atau pihak kedua yang menjadi bawahan anda dan masukkan email asisten yang dimiliki

Berikut menu aplikasi yang terdapat pada Basecamp

Home
Pada halaman depan ini ditampilkan laman pembuatan proyek mulai dari pemberian mama proyek, memulai pembuatan proyek dengan memilih nama proyek dan jenis proyek yang akan dikerjakan

Klik pada nama atas beri nama kelompok
Klik pada new teams untuk menambahkan anggota
Klik new project untuk menambahkan proyek baru dengan yang lainnya

Ping

Merupakan fitur obrolan secara privat dengan anggota tim lainnya. Tinggal ketik pada kolom pencarian nama orang yang akan kita ajak chat.

Hey!

Semacam notifikasi untuk menyiarkan pemberitahuan kepada pengguna berbagai hal mengenai proyek kita.

Activity

Memberi informasi mengenai aktifitas kita di dalam pengerjaan proyek


Me
Berisi file, pesan, jadwal, pengingat dan berbagai hal yang kita simpan serta tandai. Terdapat fitur pengingat untuk menunjukkan jadwal maupun waktu kegiatan

Find
Menemukan berbagai macam hal mengenai proyek yang sedang dikerjakan. Dapat digunakan untuk mencari orang, file, dsb. Ketik kata atau apapun yang akan dicari, terdapat filter untuk pencarian



Sekian dan Terima Kasih

Mata Kuliah     :  Interpersonal Skill

Nama Anggota : Muhammad Nur Ikhsanudin          [ 4611419073 ]

                           Wahyu Dwi Maulana                      [ 4611419039 ]

Komentar

Postingan populer dari blog ini

TES KEPRIBADIAN DENGAN BIG FIVE PERSONALITIY TRAIT, AKURAT ! Hai sahabat ! Apa kabar ? Di dalam masa pandemi seperti ini pasti kita bosan rebahan mulu. Daripada cuma rebahan mending kita bahas tentang tes Psikologi. Disini, saya akan menjelaskan sedikit tentang tes BFPT untuk menulusuri kepribadianmu. Tes yang dibahas kali ini adalah OCEAN atau Big Five Personality Traits yang  dikemukakan oleh Costa dan McCrae pada tahun 1970an. Dua ilmuwan ini menganggap bahwa sifat manusia itu memiliki kesamaan dan memiliki setidaknya 5 sifat mendasar. Akan tetapi, berbeda manusia, berbeda pula tinggi rendahnya sifat-sifat ini. Mengapa kita harus mencoba tes ini ? Karena kita harus mengetahui bagaimana Psikologi bekerja. Sebagai ilmu, Psikologi menjunjung tinggi validitas dan reliabilitas dari riset. Reliabilitas artinya tingkat sesuatu bisa diandalkan, baik cara maupun hasilnya. Sementara validitas menunjukan bahwa apa yang kita ukur sudah sesuai dengan yang kita inginkan. Berbeda dengan tes keprib